salah satunya adalah Humas pemerintah.... jadi dapat kita pahami bahwa:
HUMAS PEMERINTAHAN
Mengenai kedudukan humas dalam lembaga pemerintah,
Cutlip and Center (dalam Rahmadi
1994:78) mengatakan bahwa idealnya Humas itu dimaksudkan ke dalam staf inti,
langsung berada dibawah pimpinan (Decision
makers) atau top manager supaya
lebih mampu dalam menjalankan tugasnya. Dengan posisi itu Humas dapat
mengetahui langsung latar belakang dari suatu keputusan yang diambil oleh
pimpinan lembaga; sehingga Humas langsung dapat bahan informasi untuk
disampaikan kepada publik yang bersangkutan jadi idealnya Humas itu berfungsi
sebagai saluran langsung dari lingkungan dimana terjadi proses pengambilan
keputusan kepada masyarakat agar keputusan yang dibuat itu dipahami dan
diterima. Selain itu Humas juga berterus terang menampung suara-suara atau
tanggapan masyarakat mengenai kebijakan dan tindakan-tindakan yang di ambil
oleh instansi atau lembaga yang bersangkutan.
Humas atau biasa disebut PR (Public Relation) tidak hanya ada di perusahaan-perusahaan. Dalam
pemerintahan pun humas sangat diperlukan karena pemerintah memiliki kepentingan
dan tujuan yang lebih kompleks dari sekadar menjaga citra baik pemerintahan.
Pengertian
Humas Pemerintahan
Suatu
instansi/lembaga harus memiliki kesadaran bahwa keberadaannya tidak terlepas
dari keberadaan instansi/lembaga lain, masyarakat, pemerintah, maupun para
karyawan yang berada didalamnya. Karena itu perlu adanya penyesuaian dari
instansi/lembaga terhadap segala yang ada di sekelilingnya.
Untuk
menciptakan suatu hubungan yang baik antara instansi/lembaga dengan pihak-pihak
lain perlu adanya suatu pengertian antara satu dengan lainnya, dan pada
akhirnya akan menciptakan kepercayaan dari masyarakat, pemerintah, dan
pihak-pihak lain terhadap instansi/lembaga yang melakukan hubungan masyarakat
tersebut.
Hubungan Masyarakat menurut Kleppner
(dalam Susanto, 1977:105) dalam
bukunya Adverticing Procedure, adalah “an attitude rather than a
technique; it is rather a policy than a departement. Good Public Rerlations is
the external evidence of conducting internal affairs of a business in a way of
wich you can be proud”.
Menurut
pengertian diatas, dapat dianalisis bahwa hubungan masyarakat merupakan hasil
pencerminan sebagaimana dirasakan seseorang atau publik, sebagai hasil kegiatan
suatu organisasi ataupun instansi. Hubungan Masyarakat merupakan suatu
kebijaksanaan (policy) dari suatu
instansi/lembaga, dan kebijaksanaan ini dapat menjadi “baik” atau “buruk”
tergantung dari bagaimana mengelola kebijaksanaan tersebut.
Berbicara
mengenai Public Relations, dilihat dari sudut etimologi kata, maka
istilah Public Relations merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “public”
dan “relations”. Publik secara universal yaitu “sekelompok orang yang
mempunyai minat dan perhatian yang sama terhadap sesuatu hal”, sedangkan
Relations diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah “hubungan-hubungan” dalam
arti menyangkut banyak hubungan.(Yulianita, 1999:17-21).
Untuk
lebih memperjelas pengertian mengenai pengertian Public Relations ,
berikut ini dikemukakan beberapa definisi dari para ahli. Definisi Public Relations menurut Frank Jefkins (dalam Yulianita, 1999:33) adalah “Fungsi
manajemen yang menilai sikap publik, menyatakan kebijaksanaan dan prosedur dari
individu atau organisasi atas dasar kepentingan publik, dan melaksanakan
program kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan dari publiknya.”
Dari
definisi diatas menunjukkan bahwa Humas merupakan “ jembatan penghubung ” antara publik
dengan organisasi yang diwakilinya, dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan
dengan kepentingan organisasi maupun publiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar