Jumat, 17 Januari 2014

Ruang Lingkup Pekerjaan Public Relations



   Ruang Lingkup Pekerjaan Public Relations
Secara sederhana pekerjaan yang biasa dilakukan public relations dapat disingkat menjadi PENCILS, yaitu :
a.         Publication & publicity, yaiotu mengenalkan perusahaan kepada publik.
b.        Events, mengorganisasi event atau kegiatan sebagai upaya membentuk citra.
c.         News, pekerjaan seorang public relations adalah menghasilkan produk-produk tulisan yang sifatnya menyebarkan informasi kepada publik.
d.        Community involvement, public relations mesti membuat program-program yang ditujukan untuk menciptakan keterlibatan komunitas atau masyarakat sekitarnya.
e.         Identity Media, merupakan pekerjaan public relations dalam membina hubungan dengan media (pers)
f.         Lobbying, public relations sering melakukan upaya persuasi dan negoisasi dengan berbagai pihak.
g.        Social investement, pekerjaan public relations untuk membuat program-program yang bermanfaat bagi kepentinagn dan kesejahteraan sosial

2.2.2   Public Relations Tools (Media Public Relations)
Untuk dapat melakukan pekerjaannya seorang public relations mempunyai alat-alat kegiatan (PR tools). Alat-alat kegiatan ini bisa disebut sebagai media public relations, antara lain :
Ø  Publisitas dan media relations, seperti :
-       Press release, menulis berita tentang perusahaan kepada media.
-       Press conference, menyampaikan informasi tentang perusahaan dengan secara langsung mengundang wartawan.
-       Press party, menjamu wartawan makan bersama
-       Press tours, mengundang wartawan untuk bnerkunjung ke perusahaan
-       Media gathering, mengumpulkan media dalam sebuah forum, dan lainnya
-       Press receptions, mengadakan acara khusus pertemuan dengan wartawan.
Ø  Special Event
-       Open hosue atau company visit, memberi peluang pada publik untuk mengenal dekat perusahaan dengan berkungjung langsung ke perusahaan.
-       Fundrasier, kegiatan mengumpulkan dana.
-       Trade shows, mengadakan pameran dagang
-       Award ceremonies, acara pemberian penghargaan.
-       Contest, mengadakan lomba-lomba.
-       Seminar, mengadakan seminar dengan tema yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, baik sebagai penyelenggara atau sebagai pembicara.
Ø  Corporate advertising, iklan-iklan korporat untuk menujang citra.
Ø  Newsletters, ini adalah media tulisan yang bisa digunakan untuk internal ataupun eksternal publik.
Ø  Speaker bureau, biro khusus juru bicara yang bertugas menyampaikan informasi kepada publik.
Ø  Lobbying, melakukan negoisasi baik kepada lembaga pemerintah atau bukan, berkaitan dengan masalah-masalah yang menyangkut kepentingan perusahaan.
Ø  Charitable contributions, kegiatan-kegiatan amal untuk membantu masyarakat.
Ø  Thank you notes and letters, ucapan-ucapan terima kasih kepada publik.
Ø  Audio visual instrument, misalnya membuat company profile berbentuk audio visual dan materi presentasi dihadapan publik.
Ø  Sponsorship, menjadi sponsor berbagai event di masyarakat.
Ø  Letters of denial, surat klarifikasi atas sebuah informasi yang tidak benar yang disampaikan ke media.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar